Monday 18 July 2016

Kwetiaw Goreng Asuk - Singkawang


Hi Rooters! Masih tetap di daerah Singkawang, Kota yang luar biasa indah dan memiliki banyak sekali makanan yang enak, kali ini kami menuju satu tempat makan kwetiaw goreng paling enak di kota Singkawang, untuk kwetiaw goreng ini sendiri sebenarnya tidak memiliki nama restoran, hanya saja di daerah singkawang orang-orang menyebutnya dengan Kwetiaw Asuk atau Kwetiaw Paman (dalam bahasa khek Asuk adalah paman), kwetiaw ini terdapat di jalan Yos Sudarso, tidak jauh dari Nasi Campur Ceria yang kami bahas sebelumnya, untuk mencari tempat ini sangat lah gampang, sesampainya di jalan Yos Sudarso, Rooters dapat bertanya kepada warga di sana, dan mereka akan menunjukannya, sebab kwetiaw goreng asuk ini sangat lah terkenal, kami juga demikian, setelah mendapatkan arahan dari hotel tempat kami menginap, kami mencari kwetiaw ini dengan bertanya kepada warga setempat, dan Hupla! mereka langsung menunjuk kan tempatnya.
Kwetiaw Goreng Asuk ini sama seperti rumah makan di kota Singkawang maupun Kota Pontianak, rumah makan ini menggunakan teras rumah sang pemilik, tempatnya lumayan luas, dengan meja yang cukup banyak, saat datang kemari meja cukup penuh, selain warga setempat, banyak juga wisatawan yang datang kemari, oh iya buat teman-teman yang muslim, tenang saja, kwetiaw asuk ini halal kok.
Kwetiaw Goreng - IDR 13K
Kwetiaw Goreng Asuk ini sangatlah gurih, dengan isian Tauge yang super banyak, sebab menurut informasi yang kami dapat, warga Singkawang sangat menyukai Tauge, selain Tauge juga terdapat sayur Cangkok Manis dan Telur, walau pun isian nya sangat sederhana, rasa dari Kwetiaw ini sangat gurih dan harum nya luar biasa, benar-benar Kwetiaw Goreng Favorit deh. Selain Kwetiaw di sini juga memiliki minuman yang sangat special, yang membuat kita bernostalgia, yaitu Limun! Limun sendiri sudah sangat susah di temui di zaman sekarang ini, biasanya para wisatawan membeli Limun ini untuk di bawa pulang ke daerah masing-masing, Limun nya terdiri dari tiga rasa, jeruk, sarsi dan pisang ambon, setelah minum dua botol limun di sini, kami pun membeli beberapa botol untuk di bawa pulang ke Jakarta.
Limun - IDR - 9K
Sekian Review kami untuk Kwetiaw Goreng Asuk yang bisa di bilang legendaris di kota Singkawang, kalau datang kemari, Kwetiaw Goreng ini adalah salah satu menu wajib yang harus di coba, dan jangan lupa limun untuk oleh-oleh nya yah!

Kwetiaw Goreng Asuk
Jl. Yos Sudarso, Singkawang.
Opening Hours : 5 PM - 10 PM
Cost : IDR 50K for two people (Approx.)

2 comments:

  1. kwetiaw ya campur mie kuning ya?

    dilihat dari tempat dan tampilannya, biasa di Medan ini disebut "Mie Balap" :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm.. kwetiaw doanx sih, hahaha... MIe balap, keren juga namanya, kalau di Pontianak, namanya Kwetiaw Ekonomi, ga pake daging sih~

      Delete

Contributors