Wednesday 29 June 2016

Pondok Pengkang - Peniti

Hi Rooters! Masih dari kota pontianak, kali ini kami mengunjungi sebuah restoran yang bernama Pondok Pengkang yang terdapat di Pontianak, tepatnya di daerah Peniti, restoran ini telah berjalan selama kurang lebih 82 tahun, restoran ini menyediakan Pengkang sebagai menu andalannya, Pengkang adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas Kalimantan Barat yang terbuat dari beras ketan. Pengkang di Pondok Pengkang ini menggunakan udang ebi sebagai isian dan daun pisang sebagai pembungkusnya, sehingga rasa dari Pengkang ini sangat gurih, pengkang sendiri di proses dengan cara di bakar di atas arang yang terbuat dari batok kelapa kering. Pengkang di Pondok Pengkang ini di sajikan bersama sambal yang terbuat dari sejenis kerang yakni kerang kepah yang banyak di jual di daerah Peniti. Sambal yang di buat dari Kerang Kepah ini merupakan cocolan wajib saat menikmati Pengkang, karena Kombinasi dari rasa pengkang dan sambal kepah ini sangat pas di lidah.
Pengkang - IDR 9K/Pcs
 Sambal Kepah - IDR 30K
Selain Pengkang, Pondok Pengkang ini juga menyediakan nasi goreng dengan berbagai varian dan berbagai jenis seafood, seperti kepiting lada hitam dan sebagainya, untuk minuman nya kami menyarankan untuk mencoba Minuman Lidah Buaya  yang menjadi salah satu ciri khas Kota Pontianak.
Nasi Goreng Special - IDR 35K
 Nasi Goreng Kepah - IDR 20K
 Es Lidah Buaya - IDR 15K
Untuk Interior nya Pondok Pengkang ini menggunakan Teras dari rumah sang pemilik, tempatnya lumayan luas di tambah satu bangunan di samping bangunan utama yang juga dapat di gunakan, tempat ini di design dengan tema bangunan khas kota Pontianak, dengan berbagai macam ukiran dan tiang-tiang besar, tempatnya lumayan nyaman, namun pada siang hari restoran ini sangat panas. Proses memanggang pengkang juga di lakukan di salah satu pojokan restoran ini, sehingga kita dapat melihat langsung proses pemanggangan nya.
Sekian Review kami untuk Pondok Pengkang, sebuah restoran yang sudah menjadi salah satu legenda kuliner di Kota Pontianak, jika sempat berkunjung ke Pontianak, maka Pondok Pengkang ini adalah sebuah destinasi wajib untuk di kunjungi.

Pondok Pengkang
Jalan Raya Peniti Luar KM. 30 Pontianak.
Phone : 0561-7093700

Opening Hours : 7AM - 11PM
Cost : IDR 150K for two people (Approx.)

No comments:

Post a Comment

Contributors